Selasa, 08 November 2011

Meningkatkan Eritrosit dengan strawberry


Hehehe.. Sibuk sama blog yang lain, yang ini jadi nggak pernah review. Cuma sekali-sekali aja statsnya di lihat. Tapi alhamdulillah banyak yang ngunjungin. Kali ini saya nulis tentang hebatnya strawberry yang saya dapat dari artikel tetangga. Hehe, Selamat membaca ^_^

Dibalik rasanya yang segar ,buah strawberry punya banyak manfaat bagi kesegatab salah satunya mampu menjaga sel darah merah dari kerusakan akibat proses oksidasi , sehingga tubuh jadi lebih kuat menghadapi berbagai resiko penyakit.
Manfaat strawberry dan antioksidan di dalamnya sebenarnya sudah di ketahui dan di buktikan secara in vitro atau di laboratorium. Untuk pertama kalinnya, peneliti dari Marche Polyteechnic University in vivo atau lagsung pada manusia.

Dalam eksperimen yang hasilnya di muat di jurnal Food Chemistry ini, para peneliti melibatkan 12 partisipan . Masing-masing di beri tambahan makanan 500 gram strawberry setiap hari, lalu di ambil sampel darahnya di hari ke-4,8,12,16 dan sebulan sesudahnya.

Hasil pemeriksaan darah menunjukkan. konsumsi strawberry secara rutin dapat meningkatkan kapasitas sel darah merah atau eritrosit untuk menampung kandungan antioksidan . Dampak lainnya, eritrosit jadi lebih tahan terhadap hemolisis atau kerusakan akibat proses okisdasi.

"kami membuktikan bahwa strawberry mampu membuat sel darah merah lebih tahan terhadap pengaruh stres okidatif.Dampaknya akan sangat berpengaruh pada berbagai resiko penyakit," ungkap salah satu peneliti. Maurizio Battino seperti dikutip dari Science daily. Seperti yang di ungkapkan Battino , kapasitas eritrosit untuk menampung antioksidan dan melawan pengaruh stres okdidatif berhubungan dengan berbagai risiko penyakit. Makin bagus kualitas seldarah merah ,makin kecil peluang untuk terkena penyakit kardovaskular,kanker dan diabetes.

manfaat tersebut juga bisa di dapatkan dengan mengonsumsi strawberry pada porsi harian yang lebih kecil.Dalam eksperimen itu, para peneliti juga menemukan bahwa konsumsi 150 gram dan 200 gram strawberry tiap hari juga bisa memberikan efek yang hampir sama.

1 komentar:

  1. Tidak menyangka ternyata dibalik rasanya yang segar buah strawberry mampu menjaga sel darah merah dari kerusakan akibat proses oksidasi , sehingga tubuh jadi lebih kuat menghadapi berbagai resiko penyakit, komentar balik ya ke blog saya myfamilylifestyle.blogspot.com

    BalasHapus